10 Tips Kampanye Konsumen Cerdas

23 Sep 2010 Posted By: perindagkop (dilihat 13062 kali)



10 Tips Kampanye Konsumen Cerdas
( Seksi Penyaluran dan Perlindungan Konsumen )

1. Cari dan Bandingkan Informasi
• harga
• merek berbeda
• informasi produk/spesifikasi
• perbandingan layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang
• saran dari organisasi pelanggan atas produk yang telah dicoba
2. Dapatkan saran dari Teman/Ahli yang Terpercaya
• produk teknis/canggih seperti kamera (model terbaru,dll)
• reputasi dari merek dan penjual tertentu
3. Simpanlah Bukti Tertulis
• tanda bukti pembayaran
• jaminan atau kartu garansi
• perhatikan klaim produk dari produsen
4. Kenali Hak Anda dan Lakukan Langkah yang Benar
• selesaikan masalah dengan melakukan pendekatan pada penjual
• apabila masalah tak terselesaikan laporlah pada organisasi konsumen, pihak pemerintah
5. Kontrol Diri saat Membeli Produk
• beli apa yang anda butuhkan
• hindari membeli tanpa alasan
• buat daftar belanja dan beli hanya yang tercantum sesuai daftar
• carilah produk yang sedang dalam penawaran khusus/diskon
6. Jangan Ragu Membeli Produk Lokal
• belilah produk lokal dimana keamanan dan kualitasnya terjamin
7. Biasakan Membaca Label Produk
• bacalah label produk yang berisikan kandungan bahan, masa kadarluwarsa, petunjuk penggunaan secara cermat
8. Beli dari Sumber Terpercaya
• hindari rantai distribusi yang panjang, membeli dari penjaja keliling asaing atau perusahaan tak dikenal yang beroperasi melalui internet
9. Laporkan Langsung Setiap Komplain
• laporkan kerusaka, efek samping dari produk berkualitas rendah pada pihak berwenang
10. Lindungi Bumi untuk Generasi Mendatang
• daur ulang
• gunakan ulan/beli isi ulang
• beli produk dengan kemasan minim
• hindari tas plastik, usahakan membawa wadah sendiri saat membeli makanan/berbelanja

Kembali