10 Tips Kampanye Konsumen Cerdas
23 Sep 2010 Posted By: perindagkop (dilihat 13062 kali)
10 Tips Kampanye Konsumen Cerdas
( Seksi Penyaluran dan Perlindungan Konsumen )
1. Cari dan Bandingkan Informasi
ââ¬Â¢ harga
ââ¬Â¢ merek berbeda
ââ¬Â¢ informasi produk/spesifikasi
ââ¬Â¢ perbandingan layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang
ââ¬Â¢ saran dari organisasi pelanggan atas produk yang telah dicoba
2. Dapatkan saran dari Teman/Ahli yang Terpercaya
ââ¬Â¢ produk teknis/canggih seperti kamera (model terbaru,dll)
ââ¬Â¢ reputasi dari merek dan penjual tertentu
3. Simpanlah Bukti Tertulis
ââ¬Â¢ tanda bukti pembayaran
ââ¬Â¢ jaminan atau kartu garansi
ââ¬Â¢ perhatikan klaim produk dari produsen
4. Kenali Hak Anda dan Lakukan Langkah yang Benar
ââ¬Â¢ selesaikan masalah dengan melakukan pendekatan pada penjual
ââ¬Â¢ apabila masalah tak terselesaikan laporlah pada organisasi konsumen, pihak pemerintah
5. Kontrol Diri saat Membeli Produk
ââ¬Â¢ beli apa yang anda butuhkan
ââ¬Â¢ hindari membeli tanpa alasan
ââ¬Â¢ buat daftar belanja dan beli hanya yang tercantum sesuai daftar
ââ¬Â¢ carilah produk yang sedang dalam penawaran khusus/diskon
6. Jangan Ragu Membeli Produk Lokal
ââ¬Â¢ belilah produk lokal dimana keamanan dan kualitasnya terjamin
7. Biasakan Membaca Label Produk
ââ¬Â¢ bacalah label produk yang berisikan kandungan bahan, masa kadarluwarsa, petunjuk penggunaan secara cermat
8. Beli dari Sumber Terpercaya
ââ¬Â¢ hindari rantai distribusi yang panjang, membeli dari penjaja keliling asaing atau perusahaan tak dikenal yang beroperasi melalui internet
9. Laporkan Langsung Setiap Komplain
ââ¬Â¢ laporkan kerusaka, efek samping dari produk berkualitas rendah pada pihak berwenang
10. Lindungi Bumi untuk Generasi Mendatang
ââ¬Â¢ daur ulang
ââ¬Â¢ gunakan ulan/beli isi ulang
ââ¬Â¢ beli produk dengan kemasan minim
ââ¬Â¢ hindari tas plastik, usahakan membawa wadah sendiri saat membeli makanan/berbelanja