Siaran Pers BPOM RI terkait Indomie ( DISPERINDAG-Bidang Perdagangan)

13 Okt 2010 Posted By: perindagkop (dilihat 14064 kali)



Jakarta, (tvOne).
Indonesia meminta Taiwan segera melakukan klarifikasi bahwa produk mi instan Indomie aman dikonsumsi. Hal tersebut dinyatakan oleh Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu menanggapi penarikan produk Indomie di Taiwan.

Marie ELka juga menegaskan bahwa semua produk mi instan Indomie baik untuk pasar domestik maupun mancanegara termasuk Taiwan, aman dikonsumsi.

"Intinya kalau mengenai `Indomie`, kami ingin sekali lagi menjelaskan bahwa untuk dalam negeri maupun luar negeri, produk Indomie itu aman," kata Marie Usai menghadiri pembukaan pembukaan Trade Indonesia Expo (TIE) oleh Wakil Presiden Boediono, di Jakarta, Rabu, (13/10).

Di mengatakan, Taiwan dan Indonesia mempunyai standar berbeda dalam urusan pangan, terutama mi dan kecap.

"Kedua standar tersebut sama-sama diakui secara internasional. Hal itu berarti Indomie yang dipasarkan ke Taiwan aman untuk dikonsumsi masyarakat di sana," kata Marie menegaskan.

Ia menambahkan, Indomie yang ditarik dari supermarket oleh BPOM Taiwan ternyata bukan produk yang dipasarkan untuk negara tersebut.

"Memang ada yang ditemukan yang ternyata produk Indomie yang sebetulnya tidak ditujukan untuk pasar Taiwan. Jadi itu sebetulnya yang terjadi," tutur Mari.

Terkait itu, ia mengatakan, dirinya telah berkomunikasi dengan BPOM Taiwan dan meminta pihak Taiwan untuk segera mengklarifikasi yang sebenarnya terjadi.

"Yang ingin dihindari adalah persepsi bahwa produk Indomie itu tidak aman dikonsumsi oleh konsumen padahal itu tidak benar. Jadi kita minta klarifikasi, minta badan POM dari Taiwan untuk mengeluarkan klarifikasi mengenai hal ini," katanya. (Ant)

Kembali