PELAKSANAAN PAMERAN MAKASAR TRADE EXPO 2010 CELEBES CONVENTION CENTER ( CCC ) MAKASAR - SULAWESI SELATAN Tanggal 27 s/d 31 OKTOBER 2010

11 Nov 2010 Posted By: perindagkop (dilihat 14523 kali)



Pameran Makasar Trade Expo/PPED 2010 dilaksanaan selama 5 ( lima ) hari yaitu pada tanggal 27 s/d 31 Oktober 2010, bertempat di di Celebes Convention Center (CCC) Tanjung Bunga -Makassar. Pameran dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan mewakili Gubernur Sulawesi Selatan. Pameran Makasar Trade Expo diikuti oleh peserta dari Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimanatan, BUMD seperti Bank Indonesia, Bank Sulsel, PT.Askes, PT.Pelindo dengan memamerkan beraneka produk masing-masing. Untuk Kabupaten Jembrana mendapatkan mendapat tempat di stand 35.

Penyelenggaraan Pameran kali ini sangat tepat di tengah Pemerintah berupaya mendorong Industri dalam negeri meningkatkan daya saingnya agar mampu berkompetensi dengan produk – produk impor.

Kabupaten Jembrana banyak mempunyai pengerajin-pengerajin lokal yang mempunyai produk unggulan yang layak untuk dikenal dan dipasarkan dalam skala Nasional maupun Internasional, seperti kerajinan Logam, Rajutan, Kerajinan anyaman lidi (ingke), Garment (kain pantai), Kerajinan tenun ( Tenun cag cag, songket,dll), Kerajinan dari batok Kelapa, produsen paying hias, Kerajinan Kayu Kelapa, Kerajinan alat musik, dll. Makasar Trade Expo 2010 merupakan pameran tahunan yang terbesar di Indonesia Bagian Timur yang mendapat banyak perhatian dan merupakan suatu ajang atau sarana promosi yang sangat tepat bagi produk – produk Jembrana, baik itu untuk terjadinya transaksi langsung di lokasi pameran ataupun transaksi yang tidak langsung (order).

Kabupaten Jembrana mengikutsertakan 2 Pengerajin, yaitu I Made Subudi dari UD.Duta Laksana Desa Brangbang ( Pengerajin Logam ) dan I Nyoman Tendra dari Nyoman Handycraft Desa Pohsanten ( Pengerajin Alat Musik Tradisional ), namun disamping menampilkan produk masing-masing pengerajin, juga menampilkan semua produk unggulan Jembrana lainnya misalnya Kerajinan Songket Jembrana, Kerajinan Perak, Lukisan dan Kerajinan Baju,Tas,Selendang, Topi Bali Rajut. Dalam pameran tersebut juga didampingi oleh beberapa pendamping Dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Jembrana.

Keikut sertaan Dinas Perindagkop Kabupaten Jembrana dalam Pameran Makasar Trade Expo 2010 di Makasar pada hakekatnya bertujuan untuk :
1. Memperkenalkan produk – produk yang ada di Kabupten Jembrana.
2. Mempertahankan dan meningkatkan hubungan antara pengerajin dengan konsumen yang telah ada ( langganan) dan juga untuk memperluas pangsa pasar serta mencari target pasar yang baru.
3. Memacu para pengerajin agar terus meningkatkan kualitas produk untuk bisa menembus pasar lokal, nasional bahkan pasar internasional.
4. Mempertemukan secara langsung antara pengerajin dan konsumen sehingga ada transaksi langsung maupun tidak langsung
5. Mendapatkan informasi pasar yang seluas – luasnya



Kembali