20 Sep 2021 Posted By: yanum

Izin Pembukaan Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam


Persyaratan

• Mengisi dan melengkapi isian formulir : 1. Surat Permohonan Izin Pembukaan Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam. 2. Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran Dukumen.
• Melampirkan Fotocopy NIB.
• Melampirkan Fotocopy Izin Lokasi dari OSS yang sudah efektif dan Surat Keterangan Rencana Tata Ruang (SKTR).
• Melampirkan Fotocopy Izin Lingkungan efektif dari OSS (atau rekomendasi SPPL/UKL-UPL/AMDAL).
• Melampirkan Fotocopy Izin usaha dari OSS.
• Melampirkan Fotocopy Surat Pernyataan Pemenuhan Komitmen dari OSS.
• Melampirkan Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Jika IMB bukan milik pribadi mohon dilampirkan: 1. Foto copy e-KTP Pemilik IMB. 2. Surat Perjanjian yang diketahui pihak berwenang/Fotocopy Surat Perjanjian Notaris.
• Melampirkan Fotocopy Sertifikat Penilaian Kesehatan paling rendah "cukup sehat" pada 1 (satu) tahun terakhir dari Dinas Terkait.
• Melampirkan Fotocopy Izin Usaha Simpan Pinjam Koperasi paling sedikit 2 (dua) tahun.
• Melampirkan Data KSPPS dan USPPS wajib memiliki dewan Pengawas Syariahyang telah bersertifikat pendidikan dan pelatihan DPS dari DSN-MUI.
• Melampirkan Fotocopy Buku Daftar Anggota, paling sedikit 20 (dua puluh) orang di daerah yang dibuka Jaringan Pelayanannya.
• Memiliki Modal Kerja untuk Kantor Cabang Minimal Sebesar Rp.15.000.000,00
• Melampirkan Fotocopy Laporan Keuangan Koperasi yang bersangkutan dalam 2 (dua) tahun terakhir.
• Melampirkan Surat Persetujuan Pembukaan Kantor Cabang dari Bupati/Walikota setempat (terkait pembinaan dan pengawasan cabang).
• Melampirkan Rencana Kerja Kantor Cabang paling sedikit 1 (satu) tahun.
• Melampirkan Daftar Nama dan Riwayat Hidup Calon Pimpinan dan Daftar Nama Calon Karyawan Kantor Cabang.
• Melampirkan Sertifikat Kompetensi Calon Kepala Cabang.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

• Pelaku Usaha yang telah melakukan pendaftaran di OSS kemudian mengajukan Permohonan Izin ke Dinas Perizinan.
• JFU Front Office : - Menerima berkas permohonan dan meregistrasi di buku tamu - Menginput permohonan ke Sistem.
• Kepala Seksi : - memverifikasi berkas ijin yang masuk.
• JFU Back Office : - Penyusunan jadwal cek lapangan - Membuka akses data permohonan perizinan - Mengetik jadwal cek lapangan - Mengetik surat tugas - Mengetik Surat pemberitahuan kepada pemohon dan Kepala Desa.
• Kepala Seksi : - Mengoreksi dan memparaf jadwal cek lapangan dan Surat Undangan kepada Kepala Bidang untuk diperiksa kesesuaiannya - Menindaklanjuti jadwal cek lapangan dan surat undangan tim pengkaji.
• Kepala Bidang mengoreksi dan menandatangani jadwal cek lapangan dan surat undangan Tim Pengkaji.
• JFU Back Office : - Menyampaikan jadwal cek lapangan ke Tim Pengkaji - Menghubungi pemohon terkait jadwal cek lapangan (via telp) - Menyiapkan sarana transportasi untuk Tim Pengkaji - Menyiapkan kelengkapan cek lapangan (berkas permohonan, dll yang diperlukan.
• Pelaksanaan cek lapangan : - Membuat Berita Acara Pemeriksaan Lapangan - Membuat Kajian hasil cek lapangan.
• JFU Front Office : - menerima kajian dan berkas permohonan Izin dari Tim Teknis.
• JFU Back Office : - Menginventarisir hasil kajian Tim Cek Lapangan - Menyusun draf persetujuan / penolakan sesuai dengan hasil Kajian Teknis.
• Kepala Seksi : - Mengoreksi dan memparaf draf persetujuan/penolakan sesuai dengan hasil kajian teknis - Menindaklanjuti draf persetujuan /penolakan sesuai dengan hasil kajian teknis.
• Kepala Bidang : - Mengoreksi dan menparaf draf persetujuan / penolakan sesuai dengna hasil kajian teknis - Menindaklanjuti rekomendasi persetujuan / penolakan pemenuhan komitmen ijin usaha.
• Kepala Seksi : - memvalidasi dan memberi persetujuan Izin.
• FU Back Office : - Mencetak Izin yang disetujui maupun tidak disetujui.
• Kepala Dinas : - Menandatangani Surat Persetujuan penerbitan Izin.
• JFU Back Office : - Meregister Persetujuan/Penolakan Pemenuhan Komitmen Izin.
• JFU Fornt Office : - Menghubungi pemohon (via telp ) untuk mengambil Surat Persetujuan penerbitan Izin.

Waktu Penyelesaian

7 Hari kerja


Maksimal 7 (tujuh) Hari Kerja terhitung sejak berkas dinyatakan lengkap dan benar.

Biaya / Tarif

Tidak dipungut biaya
Produk Pelayanan

• Pemenuhan Komitmen Izin Pembukaan Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam
Pengaduan Layanan

Pengaduan dapat disampaikan secara langsung di kantor DPMPTSPTK, via telp di (0365) 41028 atau email: pmptsp@jembranakab.go.id atau melalui website : www.lapor.go.id

Kembali