Seminar Literasi Digital Bagi Aparatur Desa, KIM dan Pelaku Usaha Pasca Pandemi Covid-19 di Jembrana

Seminar Literasi Digital dengan tema “Meningkatkan Kemampuan Branding dan Literasi Digital Bagi Perangkat Desa dan Pelaku Usaha” berlangsung Selasa, 7 Juli 2022 di Gedung Kesenian Ir. Soekarno di buka Bupati Jembrana, I Nengah Tamba.

Pelaksanaan seminar digital ini dimaksudkan sebagai upaya pengembangan digitalisasi berbagai aspek penyelenggaraan pemerintahan dan mendorong kemajuan berbagai bidang, seperti pendidikan, perekonomian, kependudukan, pariwisata, serta sektor lainnya.

Seminar ini diikuti oleh para Pelaku Usaha, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan para Perangkat Desa se Kabupaten Jembrana dengan menghadirkan narasumber diantaranya, I Putu Agus Swastika, M.Kom, (Tenaga Ahli Bupati Bidang IT) dengan materi Transformasi Digital di Kabupaten Jembrana, Dimas Sagita, (Head of Social Media & Traffic Suara.com) dengan materi Strategi Branding Melalui Digital Marketing, Eko Hermawan,(Digital Marketing Specialist Kumparan.com) dengan materi Search Engine Optimization (SEO), I Nengah Muliartha, (Ketua AMSI Wilayah Bali) membawakan materi Memperkuat Brand Melalui Media Online, seminar ini di moderatori oleh Ir. Gabriel Sugrahetty, MM Konsultan Media, yang juga Mantan Direksi Tempo.
Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jembrana, Made Gede Budhiarta, SSTP.,M.Si dalam laporannya menyampaikan seminar literasi digital ini diikuti oleh berbagai unsur diantaranya, Aparatur Desa, Pelaku Usaha serta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dengan tujuan untuk memberikan pemahaman terkait literasi gigital yang merupakan kemampuan yang paling krusial dalam menghadapi teknologi informasi saat ini.

Sementara itu Bupati Jembrana, I Nengah Tamba berpesan kepada seluruh peserta untuk bersunguh-sungguh mengikuti kegiatan ini, karena kegiatan literasi digital ini sangat penting berkaitan dengan kemampuan untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif, terlebih menyongsong Jembrana Emas 2026.

Bupati Tamba berharap kepada aparatur desa/kelurahan, pelaku UMKM dapat beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital, melalui pengembangan desa digitaldiaplikasikan sesuai dengan potensi desa/kelurahan.
Lebih jauh Bupati Tamba menyampaikan saat ini Pemerintah Kabupaten Jembrana telah melakukan program Jembrana Satu Data Dari Desa (JSDDD) yang merupakan dukungan menuju Satu Data Indonesia, melaui JSDDD ini Pemerintah Kabupaten Jembrana dalam menetapkan kebijakan dan arah pemerintahan denagn berbasis data.

Kembali