Diklat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

27 Okt 2011 Posted By: yanum (dilihat 19035 kali)



Diklat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Lingkungan Pemerintahan Daerah angkatan ke II dari tanggal 17 s/d 21 Oktober 2011 diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan, keterampilan dan perilaku serta penyatuan persepsi aparatur dalam menyikapi langkah-langkah operasional kegiatan pelayanan terpadu satu pintu dengan memperhatikan sistem strategis, mekanisme dan prosedur pelayanan terpadu satu pintu.Terdidiknya aparatur yang memiliki wawasan dan pemahaman dalam mengimplementasikan dan mensinkronisasikan kebijakan-kebijakan terkait pelayanan perijinan terpadu satu pintu di daerah disesuaikan dengan kondisi masing-masing dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat.Dari hasil presentasi nara sumber dari Badan Diklat Kemendagri, Ditjen Bina Bangda serta Asia Foundation dan diskusi yang berkembang dalam diklat, maka dapat diperoleh beberapa masukan yang dapat sebagai referensi maupun acuan bagi daerah dalam pengembangan PTSP sehubungan dengan peningkatan efektivitas dan kinerja agar pelayanan dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat, sesuai dengan kondisi geografis yang beragam, serta mampu meningkatkan peran PTSP dalam peningkatan iklim usaha yang kondusif dapat dilakukan melalui : penguatan kelembagaan PTSP, peningkatan kompetensi aparatur PTSP, peningkatan pelayanan melalui pelayanan yang proaktif, penerapan standar mutu serta pelayanan online, pengembangan sisten Monev serta penerapan teknologi informasi.

Kembali