Pemeringkatan PeGI 2012

07 Mei 2012 Posted By: inkom (dilihat 16712 kali)



Hubkominfo ( Info e-Gov ). Pemerintah Kabupaten Jembrana  pada tanggal 2-4 Mei 2012 bertempat di   Lombok Raya Hotel, Jalan Panca Usaha No.11 Lombok – Mataram – Nusa Tenggara Barat, telah dinilai oleh tim  PeGI Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika  Direktorat e- Government Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI mengenai peta kondisi pemanfaatan teknologi informasi dan Komunikasi ( TIK ) oleh lembaga pemerintah secara nasional dalam rangka pemeringkatan e-Government  Indonesia ( PeGI ) tahun 2012.Unsur penilaian mencakup lima dimensi utama penerapan teknologi informasi seperti : kebijakan, kelembagaan ,infrastruktur, aplikasi dan perancanaan, bagi pemerintah Kabupaten/Kota untuk wilayah Provinsi Bali,Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.  Kelima dimensi tersebut :

a.    Kebijakan, mencakup : regulasi yang dikeluarkan ,seperti Surat Keputusan Bupati, Peraturan Bupati dan lain-lain.

b.    Kelembagaan, mencakup : Landasan Hukum Lembaga, Struktur Organisasi, Tupoksi,SOP, Inventaris personil dan keahlian.

c.    Infrastruktur, mencakup : inventaris peralatan teknologi informasi dan sarana pendukung, kajian kondisi, dan pemanfaatan infrastruktur internal atau konsultan, bagan pusat data dan jaringan.

d.    Aplikasi, mencakup : inventaris aplikasi, kajian pengembangan dan penerapan aplikasi, contoh laporan, halaman situs, tampilan layar komputer,rancang bangun aplikasi dan pedoman petunjuk pemakaian.

e.    Perancanaan, mencakup : Cetak Biru Pengembangan TIK, Renstra, Kajian kebutuhan dan rencana pengembangan,dokumentasi dari kegiatan perencanaan dan bagan mekanisme perencanaan TIK.

Hasil dari pemeringkatan ini akan diumumkan oleh tim  PeGI Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika  Direktorat e- Government Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI 2 ( dua ) bulan sejak kegiatan ini dilaksanakan.

Kembali