JEMBRANA JUARA III PUSTAKAWAN BERPRESTASI TINGKAT PROVINSI BALI

28 Jun 2013 Posted By: pad (dilihat 13698 kali)



Jembrana ( KPA ) - Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jembrana mengirim 3 peserta pustakawan dalam Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Bali, yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali tanggal 28 Mei 2013, bertempat di Hotel Oranjje, Jalan Hayam Wuruk, Denpasar dengan jumlah peserta 124 orang terdiri dari wakil dari Kabupaten/Kota se-Bali, termasuk sekolah-sekolah dan Perguruan tinggi yang ada di Provinsi Bali. Dari ke Tiga peserta wakil Jembrana tersebut, seleksi pertama semua masuk sepuluh besar yaitu I Gusti Ayu Sukerni A.Ma. SMAN 1 Negara, I Putu Ambara Sugun, A.Ma. SMAN 1 Mendoyo dan Ni Wayan Wardani, A.Ma.S.Pd. dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jembrana. Dalam seleksi kedua dari sepuluh bersar tersebut Ni Wayan Wardani, A.Ma.S.Pd.memperoleh juara III pustakawan berprestasi terbaik tingkat Provinsi Bali. Dalam lomba tersebut di berikan hadiah uang Rp.2.500.000. dan nantinya diberikan berupa piagam.
Dengan memperoleh juara III pustakawan berprestasi tingkat Provinsi Bali dari wakil Jembrana tentunya dapat termotivasi dan menambah semangat kerja didalam menjalankan tugas sehari-hari, mengingat beban pekerjaan kedepannya cukup banyak dan terbatasnya jumlah pustakawan pada Perpustakaan Kabupaten Jembrana. Agar perpustakaan tetap eksis di masyarakat tentunya harus tetap menjaga dan meningkatkan Kuantitas dan kualitas perpustakaan serta petugas perpustakaan wajib dan dapat memberikan pelayanan perpustakaan yang terbaik kepada masyarakat. Ni Wayan Wardani, A.Ma.S.Pd yang baru 1 tahun bertugas di Kantor Perpustakaan dan Arsip kabupaten Jembrana dan sebelumnya bertugas di SMPN.3 Negara, merupakan satu-satunya pustakawan yang ada di Perpustakaan Kabupaten Jembrana, menyadari masih banyak kekurangan-kekeurangan pada dirinya dan masih banyak yang harus dikerjakan di dalam mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Jembrana.
Ni Wayan Wardani, A.Ma.S.Pd mengatakan menurut pribadinya dengan diadakan lomba Sesuai tema yaitu Melalui Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Bali Kita Ciptakan Pustakawan Sebagai Profesi Yang Dapat Dibanggakan, mempunyai tujuan untuk menjaring pustakawan yang terbaik. Dengan dilaksanakan lomba tersebut pustakawan mempunyai keuntungan terutama menumbuhkan minat belajar secara terus menerus, mengingat teori-teori yang didapatkan saat diklat/bintek, mendapatkan pengalaman yang berharga serta untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki, nantinya dalam pengelolaan dan pengembangan perpustakaan yang ada di masing-masing instansi dapat dilaksanakan dengan mudah. pustakawan juga diharapkan mempunyai peranan yang sangat penting sesuai dengan profesionalnya yang didapatkan pada waktu pendidikan dan pelatihan pustakawan atau bintek-bintek lainnya. Dengan kompetensi yang dimiliki oleh pustakawan tentunya dapat membimbing petugas perpustakaan yang lainya terkait dengan teknis administrasi, pengolahan maupun pelayanan perpustakaan sehingga terciptanya hubungan kerja yang baik di dalam meningkatkan mutu/kualitas pelayanan perpustakaan. Disamping itu juga pustakawan merupakan ujung tombak dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui sosialisasi maupun pembinaan ke masyarakat yang paling bawah, terutama ke desa/kelurahan maupun ke sekolah. Dengan terlaksananya peranan pustakawan tersebut dengan baik, mudah-mudahan perpustakaan dianggap penting oleh masyarakat.

Kembali