TIM ARSIP PROVINSI BALI MENELUSURI ARSIP KEPALA DAERAH KABUPATEN JEMBRANA

04 Jul 2013 Posted By: pad (dilihat 14456 kali)



Jembrana ( KPA )- Tim penelusuran Arsip dari Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali, datang ke Jembrana tanggal 20 Juni 2013, yang berjumlah 6 orang yang dipimpin oleh Drs.Ida Bagus Oka Suata,MAP (arsiparis) dan di terima lansung oleh Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jembrana serta di damping oleh Kasi Arsip Ni Komang Sudiastri,SH. Sesuai dengan UURI nomor 43 tahun 2009 Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga Negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusaha, organisasi politik, organisasi kemasyrakatan dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Arsip juga dibedakan menjadi 2 yaitu arsi dinamis dan arsip statis. Arsip Dinamis adalah arsip yang masih relevan penggunaan dalam birokarasi pemerintahan sedangkan arsip statis adalah arsip yang tidak digunakan dalam birokrasi. Arsip kepala Daerah Kabupaten Jembrana yaitu : A.A.Bagus Negara ( th.1929-1954), IB.Gede Doster ( 1959-1967 ), Kapten R.Syafroni ( 1967-1969), I Ketut Sirya( 1969-1974), Letkol Like Rochadi ( 1975-1980), Drs.IB.Ardana ( 1980-1990), IB.Indugosa, SH (1990-2000), Prof.DR.Drg.Winasa (2000-2010 ) dan I Putu Arta SE,MM.( 2010 sampai sekarang). Arsip yang sudah ada tersebut merupakan barang bukti/dokumen penting dan tonggak sejarah Jembrana yang perlu disimpan, dijaga dan di lestarikan agar tidak rusak dan hilang.
Dalam penelusuran arsip statis tersebut Kasi Arsip Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jembrana ( Ni Komang Sudiastri, SH.) menyerahkan arsip Kepala Daerah Kabupaten Jembrana kepada Tim Arsip Provinsi Bali berupa hasil quisioner Kepala Daerah Kabupaten Jembrana dari tahun 1990 sampai dengan tahun 2012, Surat Keputusan Pengesahan Pemberhentiaan Bupati Jembrana dan pengangkatan Pejabat Bupati Jembrana dari tahun 2000 sampai dengan 2016, buku memori serah terima Jabatan Bupati Jembrana Prof.DR.drg.Gede Winasa, I Gst.Made Sunendra, SH tahun 2011 dan buku risalah resmi rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Jembrana tahun 2011 sampai dengan 2016. Terkait dengan penelusuran arsip statis, Ni Komang sudiastri, SH. mengupayakan menelusuri/mencari dan tetap berkoordinasi dengan instansi terkait, mengingat arsip tesebut merupakan dokumen yang sangat penting dan perlu diketahui oleh kita semua termasuk generasi yang akan datang karena itu merupakan sejarah Kabupaten Jembrana.
Tim Penelusuran Arsip Provinsi Bali mengatakan Tujuan dari penelusuran arsip statis tersebut adalah untuk menyelamatkan berbagai dekumen penting baik tekstual, poto-poto, ataupun informasi yang akan disimpan sebagai bagian dari sejarah Provinsi Bali terutama Kabupaten Jembrana serta pristiwa dan perubahan-perubahan yang pernah terjadi dalam proses pembangunan Bali. Disamping itu juga penelusuran arsip statis ke Kabupaten Jembrana bertujuan memotivator kantor/badan dalam melaksanakan kegiatan kearsipan, terlebih lagi dengan mulainya diwacanakan”one island management” Bali dalam satu management.



Kembali