DESA YEHEMBANG DINILAI OLEH TIM EVALUASI PERKEMBANGAN DESA TINGKAT PROVINSI BALI

13 Jun 2016 Posted By: pmd (dilihat 16252 kali)



Perlombaan desa merupakan bagian dari progran dan kegiatan untuk mewujudkan desa yang mampu mandiri sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya. Pembangunan di Kabupaten Jembrana diarahkan serta dimulai dari desa dan kelurahan, sehingga pembangunan betul-betul bisa dinikmati oleh masyarakat. Perlombaan desa yang dilaksanakan setiap tahun tidak terlepas dari upaya pemberdayaan masyarakat. Dalam upaya pemberdayaan masyarakat, tentu tidak terlepas dari kemampuan masyarakat untuk melakukan inovasi-inovasi, berprakarsa dan berperan serta secara aktif dalam kegiatan pembangunan. Oleh karena itu untuk mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dan makin meningkatkan pembangunan Desa, diperlukan suatu upaya untuk merangsang tumbuhnya partisipasi dan swadaya gotong-royong masyarakat disamping penguatan kelembagaan melalui suatu sistem dan metode yang tepat, terarah dan terpadu, berdaya guna dan berkelanjutan.
Salah satu cara yang digunakan untuk menumbuhkan motivasi masyarakat dalam upaya percepatan dan peningkatan pembangunan Desa yaitu melalui Perlombaan Desa yang telah dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang dari Tingkat Kecamatan, Kabupaten dan Tingkat Provinsi, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.
Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tersebut, maka Perlombaan Desa dan Kelurahan adalah evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha Pemerintah dan Pemerintah Daerah, bersama masyarakat Desa dan Kelurahan yang bersangkutan. Berkenaan dengan hal tersebut maka berdasarkan hasil penilaian Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Jembrana Tahun 2016, telah ditetapkan Desa Yehembang Kecamatan Mendoyo untuk mewakili Kabupaten Jembrana dalam Perlombaan Desa Tingkat Provinsi Bali Tahun 2016, yang penilaiannya dilakukan pada Selasa, 7 Juni 2016.

Kembali