TINGKATKAN KUALITAS PERENCANAAN DAERAH, PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA BEKERJASAMA DENGAN FISIPOL UGM MENYELENGGARAKAN BIMTEK PENYUSUNAN RENSTRA PERANGKAT DAERAH

19 Jan 2023 Posted By: admin (dilihat 1741 kali)



Selasa, 17 Januari 2023
Memperhatikan perkembangan situasi dan regulasi terkini terkait perubahan struktur organisasi dengan diterbitkannya Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Jembrana akan melakukan review dan revisi terhadap RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Jembrana Tahun 2021-2026. Sejalan dengan hal tersebut, Perangkat Daerah wajib melaksanakan review dan revisi terhadap Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerahnya. Untuk mendukung penyusunan dokumen Renstra Perangkat Daerah yang berkualitas, diperlukan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi penyusunan perencanaan melalui penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan dokumen perencanaan.
Menanggapi tantangan tersebut, Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jembrana bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama (PPKK) Fisipol UGM dalam menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Strategis Perangkat Daerah Kabupaten Jembrana. Acara ini diawali dengan sambutan oleh Direktur PPKK Fisipol UGM, Dr. Gabriel Lele, M.Si, dan dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Jembrana, I Made Sudantra, SE., M.Si.
Bimtek ini diikuti oleh 32 orang, terdiri dari ASN yang menangani penyusunan dokumen perencanaan daerah, baik itu pejabat struktural maupun fungsional. Pada kegiatan ini, peserta didampingi oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, Evaluasi dan Data Pembangunan Daerah, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan serta Analis Kebijakan Ahli Muda pada Bidang Perencanaan, Pengendalian, Evaluasi dan Data Pembangunan Daerah Bappeda Litbang Kabupaten Jembrana. Pelaksanaan kegiatan diselenggarakan dari Selasa, 17 Januari 2023 sampai dengan Jumat, 20 Januari 2023 di el Hotel Royal Malioboro Yogyakarta. Dalam pelaksanaannya, bimtek ini diisi dengan beragam aktivitas, tidak hanya melalui ceramah materi narasumber yang kompeten di bidangnya, tetapi juga melalui praktik/simulasi dan diskusi serta presentasi kelompok. Diharapkan melalui metode pembelajaran yang bervariasi ini dapat meningkatkan pemahaman peserta guna diterapkan nantinya dalam kasus nyata penyusunan perencanaan strategis perangkat daerah.
Penyelenggaraan bimtek ini bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas perencanaan daerah Kabupaten Jembrana dengan cara meningkatkan kapasitas aparatur yang menangani penyusunan dokumen perencanaan di masing-masing perangkat daerah. Melalui penyelenggaraan bimtek ini, diharapkan masing-masing perangkat daerah mampu memetakan permasalahan dan isu strategis di setiap bidang urusan, yang kemudian akan dirumuskan menjadi tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan yang tepat guna menyelesaikan permasalahan pembangunan di daerah. Melalui perencanaan pembangunan daerah yang tersusun dengan baik, diharapkan eksekusi setiap program kegiatan yang diambil dapat mendukung pencapaian visi Pemerintah Kabupaten Jembrana yakni Mewujudkan Masyarakat Jembrana Bahagia Berlandaskan Tri Hita Karana melalui perwujudan misi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana sehingga harapan akan Jembrana Emas 2026 dapat terwujud.
(Suardiyanti, Analis Kebijakan Ahli Muda Bappeda Litbang Jembrana)

Kembali