• bg1
  • bg2
  • bg2
    Mekepung

    Tradisi Mekepung adalah sebuah atraksi balapan sepasang kerbau khas Bali dan hanya satu-satunya di Kabupaten Jembrana.

  • bg4
    Jegog

    Merupakan gambelan (alat musik) yang terbuat dari pohon bambu berukuran besar yang dibentuk sehingga menjadi alat musik bambu yang suaranya sangat merdu

  • bg6
    Pura Jagat Natha,

    sebagai lokasi dari Kebun Raya Jagatnatha yang akan dibangun dengan konsep tematik

  • bg6
    Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

    Burung pengicau dari suku Sturnidae. Hanya ditemukan di hutan Bali Barat dan merupakan satu-satunya spesies endemik Bali.

  • bg3
    Mekepung

    Tradisi Mekepung adalah sebuah atraksi balapan sepasang kerbau khas Bali dan hanya satu-satunya di Kabupaten Jembrana.

Membangun Jembrana dari Desa dan Kelurahan

Bersama Masyarakat Lanjutkan Pembangunan Jembrana

Visi & Misi Kabupaten Jembrana

Visi Kabupaten Jembrana

Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat Jembrana Melalui Peningkatan Perekonomian dan Profesionalisme Sumber Daya Manusia Yang Dilandasi Semangat Kebersamaan, Kewirausahaan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Misi Kabupaten Jembrana
  • Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, melalui penyelenggaraan pemerintahan yang aspiratif, partisipatif dan transparan;

    Pemerintahan yang bersih dan akuntabel menggambarkan bahwa setiap unsur aparatur pemerintah menyadari setiap tugas dan kewajibannya sebagai pelayan masyarakat, sehingga tertanam dalam pribadi masing-masing untuk bertindak jujur dan bertanggung jawab, dengan memberikan pelayanan yang profesional yang pada akhirnya dapat mewujudkan kepuasan kepada masyarakat.

    Aspiratif, partisipatif dan transparan mempunyai makna bahwa pemerintah peka terhadap keinginan masyarakat, dan proses penyusunan kebijakan serta perencanaan pembangunan dilaksanakan dengan demokratis, diikuti pelaksanaan yang terbuka/transparan.

  • Meningkatkan perekonomian daerah melalui optimalisasi potensi basis dan pemberdayaan masyarakat;

    Mewujudkan kesejahteraan masyarakat Jembrana, yaitu dengan meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat dengan mengutamakan pertumbuhan sektor pertanian, perikanan dan kelautan sebagai basis ekonomi masyarakat tanpa harus meninggalkan sektor-sektor yang lain.

  • Meningkatkan kualitas pelayanan bidang kesehatan, pendidikan dan sosial dasar lainnya;

    Meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan kualitas pendidikan, dengan memanfaatkan teknologi modern serta meningkatkan aksesibilitas dalam bidang kesehatan, pendidikan dan sosial dasar lainnya dalam menyiapkan generasi penerus yang cerdas, terampil, mandiri dan berwawasan sehingga mampu menghadapi perubahan serta perkembangan kemajuan jaman.

    Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika menjadi salah satu dari tujuh SKPD yang bertanggung jawab untuk mengawal misi tersebut.

    Pemanfaatan teknologi modern yang berbasis IT (Information Technology) menjadi faktor pendukung untuk meningkatkan kualitas pelayanan bidang kesehatan dan pendidikan. Untuk bidang pendidikan, dengan adanya sistem informasi manajemen pendidikan, membuka informasi bagi tenaga pendidikan, peserta didik, maupun pelaku dunia pendidikan untuk mendapatkan akses informasi pendidikan yang ada di Jembrana.

    Pengembangan jaringan internet ke seluruh sekolah, untuk membuka akses informasi bagi seluruh penggunanya, sehingga siswa diperkenalkan terhadap kemajuan informasi dan komunikasi sejak dini. Alur informasi begitu dinamis dan cepat, sehingga setiap orang perlu meng-update informasi setiap saat. Internet menjadi salah satu sarana yang efektif untuk memperoleh informasi terkini yang bisa diakses dengan sangat mudah dan oleh siapa saja.

    Pemanfaatan teknologi modern di bidang kesehatan, menjadi faktor pendukung bagi efektifitas dan efisiensi dalam pemberian pelayanan kesehatan masyarakat, disamping menjadi program integral dengan pemanfaatan kartu askes ber-barcode di Indonesia.

  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana publik dengan memperhatikan kelestarian lingkungan;

    Dalam Misi ke-4 tersebut, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika menjadi salah satu dari empat SKPD yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam mengawal tercapainya Misi tersebut.

    Tersedianya sarana dan prasarana publik, baik secara kuantitas maupun kualitas yang baik, seperti prasarana jalan, jembatan, irigasi dan lain-lainnya. Peningkatan ketersediaan infrastruktur akan dapat mempercepat proses pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kualitas layanan masyarakat.

    Sarana dan prasarana perhubungan menjadi faktor yang sangat penting, disamping ketersediaan marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas, berupa traffic light, warning light, dan rambu-rambu penunjuk jalan.

    Dalam hal kelestarian lingkungan, untuk mendukung komitmen terhadap Bali Go Green, optimalisasi terhadap pengujian emisi kendaraan bermotor sangat penting dilakukan mengingat polusi udara di Indonesia semakin memprihatinkan dengan peringkat tertinggi ketiga di dunia. Pun demikian dengan kondisi udara di kota-kota besar, seperti Denpasar, Jakarta dan Bandung. Untuk itu perlu perhatian yang khusus terhadap kendaraan bermotor untuk senantiasa melakukan uji emisi berkala.

  • Meningkatkan ketenteraman dan ketertiban umum dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat;

    Mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam arti luas, sehingga terpenuhi rasa aman, damai dan tenteram dalam kehidupan masyarakat. Hal ini diwujudkan melalui penegakkan peraturan dan adanya kepastian hukum. Dengan demikian akan tumbuh kehidupan masyarakat yang saling menghargai, toleransi, dan saling menjaga kerukunan antar umat beragama.

    Untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban umum, partisipasi masyarakat menjadi faktor penting, karena merupakan kegiatan yang bersinergis dan berkesinambungan. Sosialisasi terkait peraturan kependudukan dan kebijakan publik perlu dilakukan sehingga masyarakat mengerti akan hak dan tanggung jawabnya sebagai warga negara. Sehingga benturan dan gesekan di masyarakat dapat diminimalisir.

Berita SKPD




Pesan Singkat

transparansi

rencana

realisasi

kinerja

evaluasi

 
Web Links
border='0'
border='0'
border='0'
border='0'
border='0'
border='0'